Theory Eliot Wave

Pencipta theory Eliot Wave Bernama Ralph Nelson  Elliot, dan theory ini diperkenalkan pada tahun 1920 dengan sebuah buku yang berjudul The Wave Principle (Dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai prinsip dari glombang).

Dalam buku karangan ini beliau menerangkan tentang terjadinya siklus pergerakan repetitif yang terjadi pada bursa saham.

Pengkajian selama lebih dari tujuh puluh tahun dari waktu-kewaktu membuktikan bahwa prilaku pasar selalu membentuk gelombang yang berkarakter dan memiliki kecenderungan yang kuat.

Diantara lain theory ini juga adalah implementasi dari pada psikologi pasar, dan faktor dari external.


Dasar Dari Elliot Whave Theory


Pergerakan trend berdasarkan theory elliot terkonfirmasi pada gelombang  3-5  #3-5#  Angka ini adalah patern dalam theory Ellliot Wave dan sebagai impuls penguatan trend, sedangkan pada angka-angka genap sendiri melambangkan periode koreksi pada trend, seperti contoh gambar dibaawah.



Setelah Pada pola pergerakan tren naik 1-5 biasanya juga akan ada pergerakan pada pola pergerakan gelombang menurun atau counter trend seperti pada gambar dibawah, dimana gelombang a melewati akhir harga terendah pada no.4 ,Perhatikan garis horizontal merah, dan b tigak mampu melampaui harga pada no.5 dan b dapat diartikan sebagai impuls trend turun yang mengcounter ternd naik.




Ada dua puluh  satu pola dalam theory Elliot wave namun ada tiga poola dasar yang menjadi dasar dalam theory ini (a,b,c Korektif) yang wajib anda pahami dalam theory elliot sebagai formasi dasar pengambilan keputusan teknikal.








Comments