Tipe Investor Seperti Apakah Saya

Tipe Investor Seperti Apakah Saya?!

Cuma Ada Tiga Nama Bedasarkan Karakter Resiko

"Pertanyaan ini menanyakan tentang jati diri investor dan anda harus terlebih dahulu tau siapa nama anda dan berperan seperti karakter apakah diri anda"
Setelah anda mempelajari beberapa instrumen investasi anda akan semakin mengenal dan memahami siapa diri anda, dengan mengetahui siapa diri anda anda akan belajar merefleksikan efek possitif dan negatif dari sifat tersebut. ada banyak pengelompokan jenisnya namun resikolah yang paling sering ditang manyakan kepada saya, itupun selalu sektor finansial.

1. Konservativ

Seorang investor konservativ sangat alergi denga kata resiko , Jaminan atau insurance menjadi pertanyaan teratas, mungkin bagi anda yang tertarik denga hal ini anda bisa  pelajari instrumen investasi seperti Deposito,obligasi pemerintah,rexadana pasar uang dan reksa dana terproteksi. 

Ada beberapa jenis investasi yang mirip dengan jenis ini diluar negri yang bisa anda cari sendiri dengan sistem yang lebih baik dan denga setandar dollar curency, jika anda pelajadi anda sekaligus bisa menginvestasikan uang anda dalam bentuk mata uang asing dipasar global, tapi anda harus mengetahui terlebih dahulu ketentuan dan kebijakan dari sistem instrumen investasi luar negri tersebut. Sebenarnya Cukup direkomendasikan.

Note : Reksa dana campuran, dan saham masih belum bisa digolongkan dalam tipe konservativ .


2. Moderat

Golongan investor moderat adalah next level dari resiko yang lebih tinggi, prinsip dari golongan ini cukup berhati - hati namun juga berani saham dan obligasi, reksadana campuran menjadi menu utama bagi mereka namun biasanya mereka sudah melakukan pengamanan keuangan mereka dengan cara deposito jangka panjang.tidak menggunakan penjaman dari luar kantongnya. 

Bisa dimaklumi keberanian mereka cukup beralasan tentunya, karena dipicu presentasi keuntungan 30% Sampai dengan 40%. 

Gambaran dari moderat investor adalah 70% Deposo dan 30% mengalokasikan danamereka paja jenis investasi yang resikonya tergolong tinggi.



3.Agresif Namun Progresif

jika saya gambarkan sebagai agresif bisa jadi salah pengertian maka dari itu saya menyisipkan kata progresif.

Yup! Karena jenis investor yang satu ini bukanlah orang yang jengaja mencari masalah dengan resiko dan terkesan konyol.

Jenis investor seperti ini sudah tentu memiliki keahlian khusus baik mental dan management yang mempuni , dalam setiap  kepususan yang mereka ambil tidak tanggun-tanggung mereka bahkan  mengalokasikan hampir semua dana mereka. saham dan teksadana jelas halyang biasa buat mereka bahkan jenis orang ini sering melakukan spekulasi mengunakan modal pinjaman bang maupun pengelolaan dana investasi perorangan dalam transaksi keuangan maupun usaha mereka.

Anda bisa bayangkan saat mereka mengalami kerugian besar golongan ini masih nyaman dalam kehidupan sehari-hari tetap makan enak ,tertawa dan tidur tenang seperti tidak terjadi apa-apa. 

Mungkin kalau orang yang tidak mengerti membayangkan situasi tersebut akan tertekan sekali. 


baiklah!Demikian penjelasan singkat yang bisa saya berikan kepada anda mengenai tipe investor bedasarkan resiko, dan anda sudah bisa mengetahui apa refrensi dari instrumen investasi dan bisa  lebih nyaman menentukan pilihan investasi

Instrumen terkait

Reksa dana , saham, obligasi , deposito forex ,reksa dana campran,reksa dana proteksi.


Sekian dan terimakasih sampai bertemu lagi . Mari Investasi

Comments