Perkenalan Candle stick chart Patern


Perkenalan Candle stick chart Patern




Tentunya anda yang ingin melakoni bisnis senis ini akan familiar dengan jenis chart patern ini.


THE CANDLE STICK








Setiap Candle stick patern memiliki 7 informasi baik Bulish (trend Naik)/Bearish (Trend Turun)

  1. Uper shadow
  2. High
  3. Close
  4. Real Body
  5. Open
  6. Low
  7. Lower Shadow
Diatas adalah gambar dari candle stick dasar, warna hijau adalah bulish candl dan merah adalah bearish candle.


Inti sari dari mengenal formasi candle stick cenderung sebagai sarana pemantauan situasi harga , pola indikasi warning alias peringatan dan dapat pula dimanfaatkan untuk menentukan posisi terbaik dalam mengambil kekepotusan untuk masuk kedalam pasar dan sudah tentu dengan resiko yang jauh lebih kecil.

Ada Tiga Jenis  Pola Formasi Dassar Pada Candle Stick

Inilah Nama dari Formasi Dasar Pada Candle Stick

  • Bulish     : Kenaikan harga, Up trend
  • Bearish  :Penurunan Harga, Down Trend
  • Neutral  : Keadaan harga yang belum Pasti

  1. Bulish Candle Stick Patern



Blish Doji Star, Pada Candle pertama tercerminkan pergerakan harga naik namun pada candle kedua posisi candle justru turun, pada kondisi seperti ini bisasanya trend sedang membentuk baase atau ancang-ancang untuk kenbali bergerak menuju arah naik, namun sebaiknya anda menunggu konfirmasi dari candle berikutnya jika ingin mendapat harga yang lebih baik dan potensial untuk mendapatkan profit yang lebih besar.


Bulish engilfing formation candle, pada candle pertama harga terlihat berpotensi tinggi mengalami penurunnan namun pada candle kedua konfirmasi harga penutunan dibatalkan karena munculnya candle hijau  yang bergerak melebihi kekuatan penurunan itu sendiri, Formasi bulish engulfing bisa menjadi tanda bahwa trend mengalami koreksi yang cukup besar dan terkadang bisa menjadi pola pembentukan awal trend baru , dikarenakan pola ini selalu dikaitkan dengan reversal yang cukup valid, pola ini adalah salah satu pola unggulan dalam jenis candle yang ada.

Pricing Line Formation, Indikasi dari formasi candle ini adalah penerusan harga bulish walaupun pada candle pertama harga pertama adalah bearish namun pada candle kedua candle mengkonfirmasi kenaikan sampai lebih dari setengah body bearish, ini menandakan harga akan masuk pada posisi koreksi reversal dalam kurun waktu yang cukup untuk mendapatkan keuntungan.

Hamer Formation candle Stick, Jenis caandle ini dinamakan hamer dikarenakan bentuknya seperti palu, dengan kepala palu diatas dan gagang dibawah, Jika diamati pola ini pada awalnya adalah pola bearis, namun sentimen pasar mengubah situasi, ini mencerminkan kekuatan atau antusiasme harga yang memiliki perlawanan kuat terhadap trend bearish.

Morning Star, Morning star dan dalam bahasa indonesia diterjemahkan sebagai bintang fajar, Pola ini adalah signal bahwa harga pada kondisi bearish sudah berakhir dan berubah kebulish trend. sebaiknya bagi anda yang sudah entry dalam posisi bearis untuk memantau dan  evaluasi penyebab terjadinya candle ini melalui berita fundamental yang biasanya memiliki high impack yang mempengaruhi pergerakan harga jangka panjang dan jika demikian anda dapat mengantisipasi situasi yang akan terjadi tentunya dapat meminimalisir kerugian dan merubah arah pada kondisi pola trend bulish ini.






2.Bearish Candle Stick Formation Patern

Jenis formasi candle stick dengan pola harga menurun atau bearis tidaklah jauh berbeda dan cenderung counter trend dari kondisi bulish, pencerminan lawan kata dalam artian sebenarnya pada penjelasan bulish formation candle stick patern. namun untuk mendukung secara lengkap artikel ini saya akan menggambarkan pola dari formasi ini agar lebih jelas.

Bearis Enggulfing Formation Patern, Candle bulish dihabisi oleh candle bearis secara masif, dan meyakinkan ini adalah pola potensial konfirmasi awal reversal pada trend  bulish dan bisa menjadi peringatan pertama pada perubahan arah trend pada masa mendatang. Bijak sananya anda melakukan proteksi dengan sitem yang tersedia pada broker yaitu stop lose and take profit, dan jika sudah belangsung berkali-kalimaka sebaiknya anda tidak masu pasar, dan menunggu beberapa candle berikutnya, apakah bisa break up dan kembali pada jalur trend.


Dark Cloud Cover, Pola kondisis candle seperti ini adalah pola caandle entry yang cukup aman untuk masuk kedalam pasar, walaupun terlihat harga bulishmasih cenderung mendominasi, untuk mayoritas trader harian akan cukup yakin dalam merespon jenis candle ini dan serta-merta menuntun harga kepada harga yang lebih rendah setidaknya beberapa hari kedepan.



Doji star, jeniscandle dengan akhiran doji tanpabody ini bisa diartikan bahwa harga trend memasuki titik tertinggi dan menimbulkan keragu-raguan bagi para trader, dan situasi demikian sangatlah canggung, situasi ini memicu para spekulan seller  untuk mengambil alih, dan mendorong jauh kebawah.

Evening Star, berbeda jenis doji star , jenis formasi candle ini menunjukan secara langsung bahwa telah terjadi kejenuhan harga bulish dengan konfirmasidi candle pertama adalah high bulis kemudian diikuti gap atau dukungan untuk  tetap naik menuju bulish. pada awalnya candle ke tigaadalahcanle bulish yang jatuh karena mengalami kejenuhan, dan mntuk menyesuaikan pada harga wajar.
Long Bearish Patern,  Jenis candle ini adalah jenis candle tunggal yang sangat power full, apa lagi ketika tren memang sedang dalam kondisi bearish atau searah, maka akan terjadi break down dan memberi kekuatan dan kontribusi besar dalam mendorong harga lebih jauh kebawah, konfirmasi pada candle ini terkadang membentuk gap terlebih dahulu dan harga kembali rally.





Hanging Man, Penutupan harga high pada hamer candle biasasnya disertai bulish, tapi juga perlu diingat pembentukan candle hamer adalah perspektif dari pada candle bearish yang melawan arah. Pada Kasus ini terkadang tidak menyadari ataupun mengabaikan keadaan over bought, dan release berita funda mental yang akan melemahkan harga secara signifikan, kondisi ini untuk trader harian akan berpotensi  merugikan. 







Shoting Star, Bentuk Shooting star candle formation ini menggambarkan kegagalan harga auntuk mencari titik suport berikutnya dan kembali rebound ataupun memantul, harga yang sempat mencoba naik dan gagal akan kembali terkoreksi, untuk mendapatkan konfirmasi dari shoting star tidaklah memerlukan candel stick pendukung , atrader hanya perlu merubah taime freame chart pada periode yang yang lebih cepat, misalkan candle ini berada pada time frame 1D maka cobalah melihat pada time frame 4H ,2H,1H Jika terdapat pembentikan candle bearis panjang dalam waktu singkat maka signal shoting star adalah valid fan anda bisa melakukan penjualan / Entry Sell ataupun keluar dari pasar jika anda tertahan pada posisi buy pada posisi sebelumnya.






Neutral Candle stick Patern


Jenis formasi candle netral menggambarkan kondisi side way atau harga harga belum memiliki kesepakatan dalam menentukan trend selanjutnya, dan hanya bergerak pada kisaran harga yang relatif sama.





Dragon Fly, Canle ini memiliki shadow yang panjang pada posisi lower price pada kpndisi down trend tetapi kembali naik menuju up trend, jenis candle ini tidak memiliki boddy  maka artinya kondisi pada jenis candle ini harga kembali pada posisi harga awal pembukaan. 









 Grave Stone, Kebalikan daripada dragon fly Bawasannya harga sebelumnya naik dan kembali lagi pada kondisi harga pembukaan.
Stars , Memang terkesan bahwa harga mengalami kenaikan tapi tetapi dapat dilihat pada candle ke dua harga hanya mampu berada pada high price shadow, artinya harga berikutnya tidak dapat lebih baik dapi pada penutupan harga tertinggi pada candle sebelumnya, dan biasanya ini akan kembali pada pola reversal/ koreksi.  



Comments